Social Icons

google plustwitterfacebookinstagramlinkedinrss feedcontact me

Sabtu, 20 September 2014

Comment Script


Tips kali ini, mengenai comment pada script yang kita tulis. Sering kali saya melihat source code program para programmer baik yang masih pemula ataupun yang sudah pro, tidak menyertakan comment dalam scriptnya, hal ini sebenarnya bukanlah masalah yang besar atau harus dibesar-besarkan, terlebih lagi untuk pembuatnya. Namun jika ada suatu case khusus yang terjadi maka pemecahan masalahnyapun jadi tidak semudah membalikan telapak tangan, kita semua tahu Lupa adalah hal yang sangat manusiawi, dan kadang kala kita sebagai manusia juga suka melewatkan sesuatu secara tidak sengaja karena faktor-faktor tertentu.

Balik lagi ke masalah comment, menurut saya pribadi, comment itu dibutuhkan agar jika suatu saat terjadi error atau ada perubahan dalam script, ktia bisa langsung mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk memecahkan persoalannya (error atau perubahannya). Jadi bisa dikatakan untuk saya pribadi Comment itu merupakan sebuah petunjuk atau clue untuk script yang akan dijalankan.
Comment tidak akan dieksekusi oleh PowerBuilder, alias akan langsung dilewati (sepertinya hal ini juga berlaku untuk bahasa pemrograman yang lain).

Sudah banyak yang membahas masalah comment dalam script di internet, diantaranya ada yang menyebutkan bahwa comment itu merupakan salah satu hal yang membuat cara menulis script seorang programmer dikatakan rapi, namun di sisi lain ada pula yang beranggapan jika kita terlalu jelas menulis comment dalam script, maka hasil kerja kita akan dengan mudah diubah-ubah oleh programmer lain (mungkin ini salah satu penyebab secara umum seorang programmer akan agak susah untuk diminta memodifikasi program yang bukan buatannya sendiri).

Comment dalam PowerBuilder itu diawali dengan karakter 2 garis miring ( // ) atau jika comment ingin dibuat lebih dari 1 baris maka karakternya menjadi garis miring dan karakter asterik ( /* ) dan diakhir Comment dengan karakter asterik dan garis miring ( */ ), dan biasanya akan langsung berubah warna menjadi biru (lihat gambar diatas).

Contohnya:
Comment dengan 1 baris
// cek nilai yang dimasukkan dalam sle_1
codingan anda...

Comment dengan lebih dari 1 baris
/* cek nilai dalam dropdownlistbox
lalu masukkan hasilnya ke singlelineedit
*/
codingan anda...

Nah, jika memang anda tidak dikejar-kejar waktu tenggat, maka tidak ada salahnya jika anda memberikan comment dalam setiap script yang anda tulis, atau setidaknya berikan Comment pada script yang agak panjang, hal ini agar jika suatu saat terjadi masalah, anda bisa langsung mendeteksi dan bisa langsung mendapatkan solusinya.

Ini hanyalah salah satu tips untuk anda, simple memang, tapi kadang kala hal yang simple juga bisa menjadi masalah yang besar.

Akhir kata, semoga sukses untuk semua yang sedang dan akan anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda.

 

Term Of Service

Untuk mengetahui tentang penggunaan blog ini, silahkan buka halaman Term Of Service atau klik TOS untuk langsung membuka halaman Term Of Service

Privacy Policy

Untuk mengetahui kebijakan privacy dalam blog ini, silahkan buka halaman Privacy Policy atau klik Disini untuk langsung membuka halaman Privacy Policy