Social Icons

google plustwitterfacebookinstagramlinkedinrss feedcontact me

Rabu, 08 Oktober 2014

Membuat Program Biodata Karyawan Part 10

Setelah kita selesai membuat window ganti password pada Tutorial Membuat Program Biodata Karyawan Part 9, ada satu window opsional lagi yang harus ditambahkan, setelah itu kita lanjutkan dengan membuat file executablenya.

Pada bagian kesepuluh dari Tutorial Membuat Program Biodata Karyawan ini, hanya merupakan “pelengkap” dari seluruh tutorial pembuatan program biodata karyawan, karena pada bagian ini kita hanya akan membuat window atau jendela yang hanya berisi informasi mengenai program ini. Tujuan pembuatan window ini adalah seperti pada umumnya program-program lain yang dibuat, baik itu yang berbayar maupun yang gratisan. Pada setiap program kita akan melihat sebuah menu yang bila diakses akan menampilkan jendela yang berisi informasi mengenai program tersebut, misalnya informasi mengenai:
  • Nama program dan versinya
  • Deskripsi tentang program
  • Nama-nama atau Tim pembuat program
  • Copyright dari program tersebut
  • Keterangan lainnya
Untuk membuat window ini, tidak ada keahlian khusus dalam bidang coding, karena window ini hanya bersifat informasi, dan informasi yang ditampilkan hanya dalam bentuk teks yang terintegrasi langsung ke control yang bersangkutan. Namun pada window ini “sedikit” dibutuhkan keahlian mendesain layout window menjadi semenarik mungkin, anda bisa mencontoh desain layout window about dari program-program yang lain (ingat ya mencontoh bukan menjiplak). Walaupun sebenarnya dalam pembuatan window ini tidak dibutuhkan keahlian yang mumpuni, namun dalam beberapa kasus untuk layout yang “wah” bisa juga dibutuhkan keahlian yang lebih dari biasanya.

Untuk pembuatan window tentang program dalam tutorial ini, saya hanya akan buat yang sesederhana mungkin, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Jalankan Powerbuilder Classic 12 dan buka workspace biokaryawan
  • Buka window w_about lalu masukkan control StaticText, StaticHyperLink dan CommandButton, atur Teks dan layoutnya seperti berikut ini:

  • Untuk background color window w_about, saya pilih sky
  • Untuk BackColor control selain CommandButton saya pilih Transparent
  • Hilangkan tanda pada properti Enabled dari semua control kecuali control Command Button
  • Pada tab General di jendela Properties, hilangkan tanda pada properti TitleBar dan ControlMenu
  • Masih di tab General, scroll kebawah hingga anda temukan OpenAnimation dan CloseAnimation
  • Pilih animasi yang anda inginkan, kalau saya saya pilih fadeanimation! untuk keduanya, pengaturan ini gunanya adalah agar saat window ini dibuka atau ditutup maka akan dilakukan animasi fade in dan fade out, yang kurang lebih artinya dari transparan hingga tampil seutuhnya atau sebaliknya.
  • Atur Animation Time sesuai dengan kebutuhan anda (semakin besar maka akan semakin lama animasinya).
  • Pada event Clicked dari CommandButton, masukkan script kode: Close(Parent)
  • Simpan perubahan pada window w_about dan kita pun selesai membuat program Biodata Karyawan ini.
Membuat File Executable
Untuk dapat didistribusikan dikomputer yang lain atau di folder lain dikomputer yang membuat program ini, maka perlu kita buat file exe-nya, saya rasa mengapa kita harus membuat file exe-nya, tidak perlu dijelaskan lebih lanjut lagi, karena anda pasti sudah tau dan mengerti bukan ?

Untuk membuat file executable dalam Powerbuilder Classic, maka langkah pertama adalah membuat Project terlebih dahulu, berikut adalah langkah-langkahnya menggunkan Wizard dari Powerbuilder:
Klik File->New lalu pilih tab Project, seperti gambar dibawah ini:


Klik OK, lalu akan tampil jendela Wizard berikut ini:

Klik Next, akan tampil jendela berikut ini:

Klik Next, dan tampillah jendela berikut ini:

Beri nama projectnya atau biarkan default seperti yang saya lakukan lalu klik Next, maka akan tampil jendela berikut ini:

Jika anda menginginkan nama yang lain, silahkan diutak-atik, kalau saya, saya biarkan secara default aja, klik Next dan akan tampil jendela ini:

Biarkan secara default, atau atur sesuai kebutuhan anda, Full Build artinya semua object akan di built ulang, sedangkan Incremental Build artinya hanya object yang diubah yang akan dibuilt ulang., setelah anda selesai mengaturnya klik Next dan akan tampil jendela ini:

Biarkan saja seperti defaultnya, kecuali anda tahu dengan resiko dari penggunaan machine code dan dll pada program yang dibuat dalam Powerbuilder (silahkan dilihat di User Guidenya), klik Next dan akan tampil jendela ini:

Beri tanda pada kotak Build Dynamic Libraries (.PBD) jika kotaknya belum ditandai lalu klik Next, dan akan tampil jendela ini:

Defaultnya kotak-kotak tersebut sudah otomatis terisi (kecuali dikotak Copyright), anda masukkan saja sesuai keinginan anda, misalnya seperti ini:

Klik Next dan akan tampil jendela terakhir dari wizard ini:

Klik Finish untk menyelesaikan Wizard pembuatan Project, dan akan tampil painter Project tersebut:

Tutup painter Project tersebut
Sampai disini kita telah selesai membuat Project untuk keperluan pembuatan file executable dari program yang telah kita buat.

Sebelum kita membuat file executablenya, alangkah lebih baik jika kita tentukan ikon dari program yang kita buat, sehingga nantinya file exe dari program kita akan memiliki ikon tersendiri, berikut adalah langkah-langkahnya:

Letakkan file ikon (.ICO) yang anda inginkan didalam folder yang sama dengan file workspace, ganti namanya menjadi logo.ICO, anda bisa cari di website-website yang memberikan icon-icon secara gratis.
Klik dua kali pada Target Application biokaryawan, maka akan tampil painter dari target tersebut seperti ini:

Disebelah kanan klik tombol Additional Properties, lalu pilih tab Icon dan ketikkan logo.ICO pada kotaknya, seperti gambar dibawah ini:

Klik OK lalu simpan perubahannya dan tutup painter Target Application

Sebelum membuat file executable, pastikan tidak ada satupun painter yang terbuka
Untuk pertama kalinya klik menu Run lalu pilih Full Build Workspace, jika sudah yang kesekian kalinya cukup pilih Incremental Build Workspace.
Dibagian bawah akan ada status prosesnya, tunggu sampai ada notifikasi Finished Full Build Workspace biokaryawan…. Seperti gambar ini (lihat dibagian paling bawah gambar):

Setelah ada notifikasi tersebut lanjutkan dengan klik Run lalu pilih Deploy Workspace dan tunggu sampai ada notifikasi Finished Deploy of workspace biokaryawan… seperti gambar ini (lihat dibagian paling bawah gambar):

Setelah selesai, lihat di folder tempat workspace biokaryawan berada, maka akan tercipta beberapa file hasil deploy tersebut, seperti gambar ini:

Untuk file-file runtime-nya akan kita bahas pada bagian File Runtime Powerbuilder, untuk sementara sampai disini dahulu.

Akhir kata, semoga sukses untuk semua yang sedang dan akan anda lakukan.
Download tutorial ini dalam format pdf: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda.

 

Term Of Service

Untuk mengetahui tentang penggunaan blog ini, silahkan buka halaman Term Of Service atau klik TOS untuk langsung membuka halaman Term Of Service

Privacy Policy

Untuk mengetahui kebijakan privacy dalam blog ini, silahkan buka halaman Privacy Policy atau klik Disini untuk langsung membuka halaman Privacy Policy